Jumat, 03 Agustus 2018

Cara Menjadikan Air Cooler Aman dan Menyehatkan untuk Digunakan


Memang banyak anggapan yang menyatakan bahwa air cooler adalah produk yang tidak menyehatkan. Ini sebenarnya tidak tepat, tentu pernyataan atau anggapan tersebut tidak selamanya benar. Ini karena sehat atau tidaknya air cooler tergantung bagaimana Anda menggunakannya. Kalau Anda belum tahu apa itu air cooler, silahkan di cek sumber artikel ini yang membahas pengertian air cooler secara lengkap.

Bila Anda menggunakannya dengan baik dan tepat maka air cooler akan menyehatkan untuk pemakainya. Tapi bila Anda memang menggunakannya dengan sembarangan dan tidak tepat maka memang bisa membuat air cooler tidak sehat. Nah berikut ini ada beberapa cara yang bisa Anda terapkan untuk membuat air cooler aman dan menyehatkan untuk Anda sebagai pemakainya. 

1.    Selalu Bersihkan Filter dan Tangki
Pertama, cara menjadikan air cooler aman dan sehat untuk digunakan yakni dengan rajin membersihkan filter dan tangki. Sumber penyakit memang bisa berasal dari debu dan kotoran yang ada pada filter dan tangki penyimpanan air dingin. Jadi bila debu yang ada pada dilter dan tangki ini dibiarkan dapat membuat udara jadi kotor. Dan bila udara kotor dari air cooler ini terhirup lama kelamaan dapat menyebabkan sesak nafas atau asma. Maka dari itu Anda yang tidak ingin sakit dan tetap sehat saat menggunakan air cooler, disarankan untuk selalu rajin membersihkan filter dan tangki, minimal satu bulan sekali. Dengan proses pembersihan yang mudah dan bisa dilakukan sendiri tentu Anda seharusnya tak perlu kerepotan lagi untuk melakukan pembersihan tersebut.

2.    Gunakan Air yang Bersih untuk Mengisi Tangki
Berikutnya, cara untuk membuat air cooler tetap sehat dan aman ketika digunakan adalah dengan memakai air bersih untuk tangki. Air cooler yang bekerja dengan memanfaatkan air dingin pada tangki memang membuat Anda harus selalu menyediakan dan mengisi air pada tangki. Nah pengisian air untuk tangki air cooler ini tidak boleh sembarangan. Sebab, bila air yang Anda gunakan tidak bersih maka hal ini bisa menyebabkan udara yang keluar dan dihembuskan air cooler menjadi tidak baik dan tidak sehat. Jadi untuk menciptakan udara sehat dari air cooler Anda harus selalu memastikan air yang ada pada tangki merupakan air bersih.

3.    Tempatkan Air Cooler di Ruang dengan Sirkulasi Udara yang Baik
Cara lain yang dapat Anda terapkan untuk membuat air cooler tetap aman dan menyehatkan adalah dengan menempatkannya pada ruangan dengan sirkulasi baik. Air cooler memang membutuhkan tempat atau ruangan yang punya sirkulasi udara yang baik. Dengan menempatkan air cooler pada ruangan dengan sirkulasi udara yang baik maka Anda bisa menghidarkan diri dari penyakit yang dapat muncul dari udara yang terlalu lembab. Sebaliknya bila Anda menempatkan air cooler di tempat dengan sirkulasi yang buruk maka hal ini bisa memunculkan beberapa penyakit yang tidak menyehatkan bagi tubuh.

4.    Tidak Langsung Mengarahkan ke Badan dari Jarak Dekat Secara Terus Menerus
Terakhir, cara untuk bisa menjadikan air cooler aman dan sehat ketika dipakai adalah dengan tidak langsung mengarahkan ke badan dari jarak dekat secara terus menerus. Air cooler yang menghembuskan uap air lembab memang bisa berbahaya bila langsung di arahkan ke badan dari jarak dekat secara terus-menerus. Ini karena udara dari air cooler yang bersifat lembab bisa menyebabkan paru-paru basah bila terus-terusan diarahkan ke badan. Jadi sepanas dan segerah apapun Anda rasakan, usahakan tidak mengarahkan langsung ke badan dari jarak dekat secara terus-menerus.


0 komentar:

Posting Komentar