Senin, 12 Juni 2017

Tips Membersihkan Botol Susu Bayi Agar Lebih Steril





Setiap ibu yang memiliki bayi yang rutin menyusu dengan botol, kegiatan membersihkan botol susu bayi tentunya menjadi salah satu rutinitas di setiap harinya. Tentu saja pekerjaan ini harus dilakukan dengan baik dan benar agar botol bayi bisa bersih sempurna. Karena jika tidak dibersihkan dengan baik, botol susu si kecil akan rentan terhadap infeksi bakteri sehingga menimbulkan penyakit bagi bayi Anda. Selain itu, membersihkan botol susu secara total juga akan menghilangkan sisa- sisa susu yang menempel sehingga tidak terjadi residu yang kemudian menjadi tempat berkembangnya kuman. Selain itu, botol susu si kecil juga bisa lebih awet apabila selalu dibersihkan dengan cara yang benar. 


Awali dengan Membersihkan Tangan
Sebelum memulai membersihkan botol susu bayi, pastikan Anda membersihkan tangan terlebih dahulu sehingga tidak ada kemungkinan Anda memindahkan kuman dari tangan ke botol susu tersebut.

Mulailah Membersihkan Botol Susu
Sebelum membersihkan botol susu, lepaskan setiap bagian botol lalu usapkan sedikit sabun pembersih cair (pembersih khusus peralatan bayi akan lebih baik) dan ratakan pembersih tersebut ke seluruh bagian botol. Agar proses pencucian botollebih mudah, Anda mungkin perlu menambahkan sedikit air untuk mencairkan sabun.

Gunakan sikat pembersih botol berbulu halus untuk membersihkan bagian dasar botol susu bayiAnda. Gerakan sikat secara memutar dan lanjutkan dengan menggerakkan sikat botol secara naik turun agar kotoran di sisi botol bisa terlepas. Setelah itu, bersihkan pula bagian bibir botol. Gunakan sikat kecil agar bagian – bagian yang tersembunyi bisa dijangkau.

Lanjutkan pembersihan ke bagian gelang dot susu bayi Anda. Untuk menjangkausetiap lekukan dan membersihkan seluruh bagian dengan sempurna, Anda bisa menggunakan sikat gigi baru yang khusus digunakan untuk membersihkan dot. Jangan lupakan bagian ulir di dalam gelang dot dan pastikan semua sisa susu di dalam dot bisa dibersihkan dengan benar. Sedangkan untuk bagian luar botol susu bayi, Anda bisa gunakan spon khusus. Bersihkan seluruh permukaan botol susu dengan baik, termasuk bagian dalam botol.

Setelah dirasa bersih, bilas botol susu dengan menggunakan air mengalir atau ait keran secara langsung. Jangan membilas botol susu bayi dengan cara merendamnya ke dalam air karena hal ini akan membuat kotoran kembali menempellagi pada permukaan botol.

Sterilkan Botol Susu
Setelah Anda selesai mencuci semua botol susu, langkah selanjutnya adalah mensterilkan botol- botol tersebut.Anda bisa menggunakan mesin pensteril botol susu dengan tenaga listrik atau mensterilkan secara manual dengan air mendidih. Didihkan airmineral di dalam sebuahpanci, matikan api, kemudian masukkan setiap bagian botol ke dalam air mendidih tersebut, diamkan selama 15menit.Angkat botol dan tiriskan di atas handuk bersih, kemudian simpan di wadah yang bersih dan tertutup.Dengan begitu, botol susu bayi Anda akan lebihbersih, steril dan siap digunakan kembali.



0 komentar:

Posting Komentar