Minggu, 27 November 2016

Pengalaman Menjadi Seorang Guru

Menjadi seorang guru adalah suatu hal yang tidak mudah, karena guru mempunyai tanggung jawab yang begitu besar. Guru haruslah punya segudang kesabaran, ketika guru tak mempunyai kesabaran maka pasti akan terjadi suatu hal yang fatal ketika sedang melaksanakan tugas. Kalian tau kenapa seorang guru mempunyai tanggungjawab yang besar, dan harus mempunyai segudang kesabaran! Karena guru haruslah mendidik dan mencerdaskan anak bangsa, guru juga harus menghadapi anak didiknya dengan karakter yang sangat berbeda-beda. Guru haruslah ikhlas, guru bukanlah pekerja kantoran yang bisa mendapatkan gaji tambahan ketika ada jam lembur, guru bukanlah pedagang yang mendapatkan untung rugi ketika berjualan, dan guru bukanlah pengusaha yang bisa menikmati jerih payahnya dalam berkerja, guru tetaplah guru yang harus mengamalkan ilmu, tenaga, pikiran, dan kreatifitasnya tanpa mendapatkan gaji selayaknya dengan jerih payahnya untuk mencerdaskan anak bangsa. Maka di sinilah bentuk ke ikhlasan seorang guru.
foto:jpnn.com
Dengan berkembangnya zaman, maka berkembang pula teknologi, pergaulan, dan  pola pikir masyarakat. Dengan perubahan yang terjadi, maka banyak pula perubahan yang terjadi dalam dunia pendidikan. Seperti halnya seorang guru yang sekarang mulai tidak di segani lagi oleh anak didiknya, dan sudah tidak mendapatkan rasa hormat dari anak didiknya. Dalam hal ini bukan karena guru ingin di segani atau dihormati, tetapi hargailah guru dengan sikap yang lebih baik dan sopan. Guru hanyalah ingin mencerdaskan anak didiknya dengan kemampuan yang dimilikinya dan guru tak akan pernah menjerumuskan anak didiknya terhadap hal-hal yang buruk. Ketika guru menghukum anak didiknya, bukan karena guru memberikan kekerasan terhadapnya. Tetapi guru hanya ingin mendisiplinkan anak didiknya agar bisa menghargai segala sesuatu yang dikerjakannya.

Guru juga manusia yang bisa mempunyai kesalahan, untuk itu jika seorang guru melakukan hal yang salah maka ingatkanlah dengan bermusyawarah. Apabila segala sesuatu yang di lakukan dengan bermusyawarah baik-baik maka akan terjadi hal yang baik juga. Marilah kita sebagai pendidik dan para orang tua saling bekerja sama untuk mendidik anak-anak kita menjadi generasi yang lebih baik lagi. Dengan kita bekerja sama dan bukan saling menyalahkan, maka kita akan bisa melahirkan anak-anak yang mempunyai akhlak mulia, cerdas, dan kreatif. Sehingga dapat mengharumkan Negara kita Indonesia.

0 komentar:

Posting Komentar